Waspadai Bahaya Pengaruh Rokok Terhadap Mata Anda Sekarang Juga !

Waspadai Bahaya Pengaruh Rokok Terhadap Mata Anda Sekarang Juga !!!

Waspadai Bahaya Pengaruh Rokok Terhadap Mata Anda Sekarang Juga !!!

Selain dengan mengkonsumsi vitamin, nutrisi dan berbagai jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata Anda, Anda juga harus memperhatikan apa saja yang harus Anda hindari untuk mencegah berbagai gangguan atau penyakit yang dapat menyerang mata Anda.

Dan salah satu cara yang harus Anda hindari untuk menjaga agar mata tetap sehat ialah dengan berhenti merokok. Bagaimana pengaruh rokok terhadap kesehatan mata ?

Asap rokok sangat beracun, mengandung sebanyak 4.000 senyawa aktif, termasuk tar, polycyclic aromatic hydrocarbons, formaldehyde, karbon monoksida dan logam berat. Merokok secara langsung terkait dengan dua penyebab utama kehilangan penglihatan, katarak dan degenerasi makula. Bahkan, peneliti percaya merokok juga menyebabkan atau berkontribusi terhadap sejumlah masalah kesehatan mata lainnya.

Merokok dan katarak

Penelitian telah menemukan bahwa perokok memiliki risiko dua kali lipat mengembangkan katarak dibandingkan dengan non-perokok. Risiko ini tiga kali lipat untuk perokok berat. Bahkan, dokter telah menemukan hubungan khusus antara katarak dan jumlah yang Anda hisap – semakin banyak Anda merokok, semakin besar peluang Anda mengembangkan katarak.

Baca juga ya, Cara menyembuhkan mata katarak tanpa harus operasi

Katarak terjadi ketika lensa mata alami yang jelas tumbuh berawan dari waktu ke waktu. Kondisi yang berkaitan dengan usia ini menyebabkan pandangan kabur, warna pudar, dan meningkatkan kepekaan terhadap silau. Bagi sebagian orang, memiliki katarak seperti mencoba melihat melalui air terjun.

Dokter percaya merokok berkontribusi pada katarak dengan mengubah sel-sel lensa melalui oksidasi. Ada juga bukti bahwa merokok menyebabkan akumulasi logam berat seperti kadmium di lensa.

Merokok dan degenerasi makula

Merokok juga meningkatkan risiko seseorang mengembangkan degenerasi makula. Studi telah menemukan bahwa perokok menghadapi risiko mengembangkan degenerasi makula yang dua hingga empat kali lebih besar daripada orang yang tidak pernah merokok.

Seperti katarak, dokter telah menemukan bahwa risiko meningkat semakin banyak orang yang merokok. Para peneliti juga menemukan peningkatan risiko degenerasi makula pada orang yang tidak merokok tetapi sering terkena asap rokok lingkungan.

Degenerasi makula melibatkan kemunduran makula, bagian tengah retina yang memungkinkan kita untuk melihat detail halus. Saat macula habis, orang mengalami blurriness, distorsi, atau blind spot dalam penglihatan sentral mereka.

Dokter percaya bahwa merokok mempromosikan degenerasi makula dengan mengganggu aliran darah ke retina. Merokok juga dapat meningkatkan efek merusak oksidasi pada sel-sel makula.

Uveitis

Uveitis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan peradangan uvea (bagian tengah) mata. Meskipun belum ada penelitian yang dilakukan pada manusia, penelitian laboratorium yang menggunakan tikus telah menentukan bahwa endotoksin (zat kimia yang ditemukan dalam asap tembakau) dapat menginduksi respons inflamasi dan uveitis akut.

Dengan demikian masuk akal bahwa paparan asap tembakau dapat meningkatkan risiko uveitis pada perokok dan mereka yang terpapar asap tembakau lingkungan.

Merokok dan mata kering

Sindrom mata kering menggambarkan tidak cukupnya air mata di permukaan mata, yang diperlukan untuk menjaga agar mata tetap terlumasi dan sehat. Penderita mata kering dapat mengalami mata kemerahan, gatal, sensasi “benda asing” dan bahkan mata berair.

Asap tembakau dikenal sebagai pengiritasi mata dan memperburuk mata kering – bahkan di antara perokok pasif – terutama untuk pemakai lensa kontak. Orang yang merokok hampir dua kali lebih cenderung memiliki mata kering.

Merokok dan retinopati diabetik

Retinopati diabetik merusak pembuluh darah retina dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

Lebih dari 5 juta orang Amerika berusia 40 dan lebih tua memiliki retinopati diabetik karena diabetes tipe 1 atau tipe 2. Dan jumlah itu akan bertambah menjadi sekitar 16 juta pada 2050, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Merokok mungkin sebanyak dua kali lipat risiko terkena diabetes. Ada juga hubungan kausal antara merokok dan perkembangan dan perkembangan retinopati diabetik, selain banyak komplikasi diabetes lainnya.

Merokok dan glaukoma

Studi menunjukkan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko glaukoma, dan memiliki dampak negatif secara keseluruhan terhadap kesehatan mata.

Satu penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara merokok dan kerusakan mata yang sangat mirip gejala glaukoma tahap awal. Glaukomain meningkatkan tingkat tekanan intraokular. Ini berarti bahwa saraf optik, yang menghubungkan mata ke otak, berada di bawah tekanan yang berlebihan. Karena gambar diteruskan dari mata ke otak melalui impuls saraf sepanjang saraf optik, Glaukoma akhirnya dapat memutuskan hubungan ini dan menyebabkan kebutaan.

Tim peneliti studi melaporkan bahwa lapisan serat saraf retina (RNFL) secara signifikan dipengaruhi oleh merokok. RNFL mengumpulkan data visual dari fotoreseptor dan sel ganglion mata dan mengarahkannya ke saraf optik. Studi ini menemukan bahwa perokok memiliki RNFL yang secara signifikan lebih tipis daripada perokok non-perokok, rata-rata, dan RNFL yang menipis adalah gejala yang terkait dengan glaukoma serta kondisi mata lainnya.

Itulah beberapa dampak bahaya rokok terhadap mata yang benar-benar harus Anda waspadai. Segera berhenti merokok agar terhindar dari penyakit mata katarak, glaukoma, retinopati diabetik, mata kering, uveitis, degenerasi makula dan gangguan mata lainnya.

Sumber :

  • https://www.myvmc.com/lifestyles/how-smoking-affects-the-eyes/
  • https://www.lajollalasik.com/cigarette-smoking-can-cause-glaucoma-like-eye-damage/
  • https://www.everydayhealth.com/vision-center/the-aging-eye/tips/smoking-ups-risk-for-age-related-vision-loss.aspx

Baca juga ya :

8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Cara Mudah & Cepat

7 Buah-Buahan Ini Sangat Baik Untuk Kamu Penderita Mata Minus

Manfaat Beta Karoten, Dari Kesehatan Mata, Jantung Hingga Kanker

Posted by Obat herbal mata minus

Waspadai Bahaya Pengaruh Rokok Terhadap Mata Anda Sekarang Juga !!!

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.