Mengetahui Perbedaan Antara Mata Minus Dan Mata Silinder Lebih Jauh

Mengetahui Perbedaan Antara Mata Minus Dan Mata Silinder Lebih Jauh

Mengetahui Perbedaan Antara Mata Minus Dan Mata Silinder Lebih Jauh
Source image : https://www.simplecontacts.com/blog/post/nearsighted-farsighted-and-astigmatism-what-are-they

Mata minus dan mata silinder adalah 2 jenis gangguan penglihatan yang dapat diderita oleh siapa saja, termasuk mungkin oleh Anda. Walaupun 2 penyakit ini sebenarnya berbeda, namun diketahui bahwa antara mata minus dan mata silinder ternyata dapat diderita oleh 1 orang pada ke-2 matanya.

Apa sebenarnya beda mata minus dan mata silinder ? Sebelum mengetahui lebih jelas, mari ketahui pengertian penyakit mata minus dan silinder.

Mata minus

Mata minus kesalahan bias yang berarti bahwa mata tidak membelokkan atau membiaskan cahaya dengan benar ke satu fokus untuk melihat gambar dengan jelas. Pada mata minus, objek dekat terlihat jelas tetapi objek yang jauh tampak buram. Orang-orang dengan mata minus dapat mengalami kesulitan dengan jelas melihat film atau layar TV atau papan tulis di sekolah.

Mata minus terjadi ketika bola mata terlalu panjang, relatif terhadap kekuatan fokus kornea dan lensa mata. Hal ini menyebabkan sinar cahaya untuk fokus pada titik di depan retina, bukan langsung di permukaannya.

Mata minus juga dapat disebabkan oleh kornea dan / atau lensa yang terlalu melengkung karena panjang bola mata.

Pada bentuk mata minus yang ganas, perpanjangan bola mata dapat terjadi dengan cepat, yang menyebabkan perkembangan miopia dan kehilangan penglihatan yang cepat dan berat.

Orang dengan kondisi ini memiliki peningkatan risiko yang signifikan dari pemisahan retina dan perubahan degeneratif lainnya di belakang mata, termasuk pendarahan di mata dari pertumbuhan pembuluh darah yang tidak normal (neovaskularisasi).

Mata silinder

Astigmatisme atau mata silinder adalah ketidaksempurnaan dalam lengkungan kornea Anda – kubah bundar yang jelas menutupi mata iris dan pupil – atau dalam bentuk lensa mata. Biasanya, kornea dan lensa halus dan melengkung ke segala arah, membantu memfokuskan sinar cahaya secara tajam ke retina di bagian belakang mata Anda.

Mata silinder biasanya menyebabkan penglihatan menjadi kabur atau terdistorsi sampai taraf tertentu pada semua jarak.

Apa penyebab mata silinder ?

Mata silinder terjadi ketika ada kelengkungan kornea yang tidak teratur, lensa, atau keduanya.

Kornea adalah lapisan jaringan transparan yang menutupi bagian depan mata. Ini mentransmisikan dan memfokuskan cahaya ke bagian belakang mata sambil melindungi mata dari infeksi dan kerusakan.

Kornea yang lengkung sempurna dapat membengkokkan, atau membiaskan cahaya dengan benar saat memasuki mata.

Pada seseorang dengan mata silinder, kornea sering berbentuk telur dengan dua kurva yang berbeda daripada bulat sempurna. Ini kadang-kadang dikenal sebagai astigmatisme kornea.

Karena dua kurva yang berbeda, sinar cahaya akan fokus pada dua titik pada retina, bukan satu. Ini menyebabkan pandangan kabur dan terkadang penglihatan ganda, jika mata silinder parah. Tidak jelas mengapa beberapa orang dilahirkan dengan kornea yang tidak melengkung dengan benar, tetapi mungkin ada komponen genetik.

Lalu, bagaimana perbedaan antara mata minus dan silinder ?

Ada ketidaksempurnaan optik yang berbeda antara mata silinder dan mata minus yang menyebabkan cahaya tidak fokus pada retina dengan cara yang benar dari gambar di bagian belakang mata.

Astigmatisme atau mata silinder adalah masalah yang terjadi ketika lensa di depan mata memfokuskan cahaya lebih kuat dalam satu arah daripada yang lain.

Miopia atau mata minus biasanya menyebabkan penglihatan kabur. Seseorang yang rabun dekat biasanya dapat melihat sesuatu dengan jelas dari dekat, tetapi memiliki masalah dengan objek yang berada pada jarak yang jauh. Misalnya, seseorang dengan miopia mungkin mengalami kesulitan membaca papan skor.

Sedangkan mata silinder, gejalanya mirip dengan kondisi mata lainnya yang menyebabkan sakit kepala, kelelahan mata dan penglihatan kabur baik dalam jarak dekat maupun jauh.

Sumber : https://www.rebuildyourvision.com/blog/vision-training/myopia-hyperopia-astigmatism-explained/

Baca juga ya artikel lainnya :

Gejala dan ciri mata minus

Cara menyembuhkan mata minus

Posted by Obat mata minus herbal

Mengetahui Perbedaan Antara Mata Minus Dan Mata Silinder Lebih Jauh

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.