Mengetahui 6 Gejala & Ciri Mata Minus Pada Anak Anda Lebih Awal

Mengetahui 6 Gejala & Ciri Mata Minus Pada Anak Anda Lebih Awal

Mengetahui 6 Gejala & Ciri Mata Minus Pada Anak Anda Lebih Awal
Source image : https://sg.theasianparent.com/does-your-kid-have-myopia/

Bunda, tahukah Anda ? Seorang anak yang memiliki mata minus memiliki kemungkinan besar untuk mendapatkan minus mata yang lebih tinggi jika tidak segera diobati.

Mata minus tinggi di atas 5 atau 6 dioptri sendiri meningkatkan risiko retinal detachment atau biasa dikenal sebagai ablasoi retina. Retina adalah jaringan di bagian belakang mata yang memberi sinyal pada otak sebagai respons terhadap cahaya.

Ketika terlepas, ia menarik diri dari jaringan di bawahnya yang disebut koroid. Darah dari koroid memasok retina dengan oksigen dan nutrisi.Jika tidak segera ditangani, pelepasan retina dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.

Dan untuk mencegah dampak tersebut yang suatu saat bisa saja terjadi pada si kecil, mengetahui lebih awal apa saja gejala, ciri dan tanda mata minus pada anak merupakan cara terbaik yang dapat Anda lakukan sebagai orang tua.

Jika anak Anda pernah atau sering mengalami gangguan penglihatan atau menyipitkan mata ketika melihat objek tertentu pada jarak yang lumayan jauh, bisa Anda waspadai bahwa si kecil menderita mata minus.

Lalu, apa sajakah gejala, ciri dan tanda dari penyakit mata minus yang di derita oleh si kecil ?

Laman medicinenet.com menjelaskan bahwa seorang anak dengan miopia mungkin mengeluh sakit kepala, kelelahan mata, dan kelelahan ketika harus fokus pada sesuatu yang lebih dari beberapa meter.

Paling sering, anak-anak muda dengan miopia hanya mengeluh kesulitan melihat hal-hal yang jauh. Seorang anak dengan mata minus dapat bergerak lebih dekat ke objek untuk melihat dengan jelas.

Dengan mata minus, anak menjadi tidak dapat fokus pada objek yang jauh tetapi hanya memiliki kemampuan untuk melihat hal-hal yang lebih dekat dengannya.

Pada anak-anak yang lebih muda, miopia berkembang lebih cepat karena mata mereka tumbuh pada tingkat yang lebih cepat, yang mengarah ke tingkat yang lebih tinggi dari miopia.

Lebih jelas lagi, laman blog.eyecareplus.com.au menyebutkan terdapat beberapa gejala dan tanda minus yang dapat Anda curigai apabila si kecil mengalami ciri seperti di bawah ini :

  1. Masalah saat membaca dengan jarak jauh
  2. Kesulitan membaca papan di kelas
  3. Memiringkan kepala untuk membaca
  4. Menyipitkan mata untuk lebih fokus
  5. Penglihatan kabur saat melihat ke kejauhan
  6. Sakit kepala

Jika anak Anda telah didiagnosis dengan miopia atau mata minus maka ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengobatinya seperti dengan memperhatikan asupan vitamin, nutrisi atau berbagai jenis buah dan sayuran yang memiliki manfaat baik untuk mendukung kesehatan mata anak Anda.

Baca juga ya artikel lainnya :

8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Cara Mudah & Cepat

7 Buah-Buahan Ini Sangat Baik Untuk Kamu Penderita Mata Minus

Posted by Obat herbal mata minus

Mengetahui 6 Gejala & Ciri Mata Minus Pada Anak Anda Lebih Awal

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.