Mengenal Sejumlah Gejala, Ciri & Tanda Penyakit Glaukoma Sejak Awal

Mengenal Sejumlah Gejala, Ciri & Tanda Penyakit Glaukoma Sejak Awal

Mengenal Sejumlah Gejala, Ciri & Tanda Penyakit Glaukoma Sejak Awal

Mengenal Sejumlah Gejala, Ciri & Tanda Penyakit Glaukoma Sejak Awal – Selain penyakit mata katarak, data menyebutkan bahwa penyakit mata glaukoma juga diketahui dapat meningkatkan resiko penderitanya mengalami kebutaan. Saat ini diketahui bahwasannya penyakit mata glaukoma menempati penyebab kebutaan setelah penyakit mata katarak.

Banyak penyakit yang diketahui telah menginjak stadium ” parah ” ketika dilakukan pengobatan, untuk itu penting sekali mengetahui gejala, tanda dan ciri suatu penyakit dari sejak awal untuk menghindari berbagai komplikasi berbahaya jika penyakit glaukoma tidak segera diobati.

Apa sebenarnya penyakit mata glaukoma ?

Glaukoma mengacu pada sekelompok kondisi mata yang dapat berkembang ketika terlalu banyak tekanan cairan menumpuk di dalam mata (Tekanan Intraokular).

Peningkatan tekanan bola mata ini dapat menyebabkan kerusakan saraf optik, yang merupakan saraf yang mengkomunikasikan informasi visual ke otak. Kerusakan berkelanjutan pada saraf optik akhirnya akan menyebabkan kehilangan penglihatan dan jika tidak ditangani, dapat menyebabkan kebutaan total dalam beberapa tahun.

Glaukoma mempengaruhi 1 dari 200 orang yang berusia 50 tahun atau lebih muda dan 1 dari 10 orang yang berusia di atas 80 tahun. Di seluruh dunia, Glaukoma adalah penyebab kebutaan kedua setelah katarak.

Beberapa penyebab Glaukoma yang kurang umum termasuk infeksi mata yang parah, cedera kimia pada mata, penyumbatan pembuluh darah dan faktor lainnya.

Gejala glaukoma sendiri dapat diketahui tergantung dari jenis dan tahap penyakit mata glaukoma, diantaranya :

  1. Sakit kepala parah
  2. Mual dan muntah
  3. Mata merah
  4. Mata yang terlihat berkabut (terutama pada bayi)
  5. Melihat lingkaran cahaya di sekitar lampu. Gejala ini mungkin terasa dengan jelas ketika mengemudi pada malam hari, ketika lingkaran cahaya mungkin muncul di sekitar lampu jalan atau lampu depan yang datang.
  6. Gangguan penglihatan. Gejala mata glaukoma yang ke-2 ialah adanya gangguan penglihatan di salah satu atau kedua mata. Ketika Anda merasakan penurunan ketajaman penglihatan, Anda seharusnya lebih berhati-hati, ini karena kondisi tersebut juga diketahui dapat menjadi pertanda dari penyakit mata glaukoma.
  7. Nyeri mata atau tekanan. Nyeri ini bisa bersifat tajam atau tumpul atau mungkin terasa ada tekanan umum, ciri mata glaukoma ini mirip dengan apa yang dirasakan pada penderita penyakit infeksi sinus, tetapi di mata.

Glaukoma sering disebut “silent thief of sight,” karena kebanyakan tipe biasanya tidak menyebabkan rasa sakit dan tidak menimbulkan gejala sampai terjadi kehilangan penglihatan yang nyata.

Glaukoma dapat terjadi pada siapa saja, meskipun sering menyerang orang lanjut usia karena peningkatan risiko seiring bertambahnya usia. Sangat penting untuk menyadari bahwa setiap orang bisa mendapatkan penyakit ini dan deteksi dini itu menawarkan peluang terbaik untuk menghindari kebutaan.

Orang yang berusia di atas 40 tahun memiliki sekitar 1% kemungkinan mengembangkan glaukoma, sehingga setiap orang yang berusia di atas 40 tahun harus diperiksa setidaknya setiap 5 tahun. Anda juga lebih berisiko jika Anda memiliki orang tua dengan kondisi tersebut, dalam hal ini Anda harus memeriksakan diri ke dokter mata Anda secara lebih teratur.

Dan itulah 7 gejala, ciri dan tanda dari penyakit mata glaukoma yang bisa Anda ketahui sejak awal. Ingat ! Untuk mengetahui gejala, ciri dan tanda dari penyakit mata glaukoma lebih jelas, kami sarankan diperiksakan ke dokter.

Sumber :

  • https://vaughteyeassociates.com/warning-signs-glaucoma/
  • https://www.eyeinstitute.co.nz/About-eyes/A-to-Z-of-eyes/Conditions/Glaucoma
  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/glaucoma/symptoms-causes/syc-20372839

Baca juga ya artikel lainnya :

Gejala & Ciri Penderita Penyakit Mata Silinder

7 Ciri-Ciri Dan Gejala Penderita Penyakit Mata Katarak

Posted by Obat mata minus herbal paling ampuh

Mengenal Sejumlah Gejala, Ciri & Tanda Penyakit Glaukoma Sejak Awal

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.