Mengenal Gejala, Ciri & Tanda Dari Penyakit Mata Minus Lebih Jauh

Mengenal Gejala, Ciri & Tanda Dari Penyakit Mata Minus Lebih Jauh

Mengenal Gejala, Ciri & Tanda Dari Penyakit Mata Minus Lebih Jauh

Obatmataminusherbal.web.id –  Mata minus atau dikenal dengan penyakit rabun jauh atau miopia adalah gangguan kesehatan mata yang terjadi sebagai akibat dari kesalahan bias mata atau dengan kata lain mata minus terjadi saat mata tidak bisa memfokuskan sinar cahaya persis di retina mata.

Ketika salah satu ketidaksempurnaan ini terjadi, hal tersebut mengubah titik fokus mata sehingga sinar cahaya fokus di depan retina Anda, bukan di atasnya.

Pada akhirnya gangguan titik fokus ini membuat objek di kejauhan terlihat buram. Benda close-up atau dekat umumnya masih terlihat jelas, karena sinar cahaya masuk ke mata Anda pada sudut yang sedikit, sehingga bisa fokus pada retina Anda dengan benar.

Dari tingkat keparahan mata minus, ada tiga jenis mata minus yaitu mata minus derajat ringan (sampai 4 dioptri), mata minus derajat sedang (sampai 8 dioptri), dan mata minus tingkat tinggi (lebih dari 8 dioptasi).

Selain tingkat keparahan, terdapat juga beberapa jenis mata minus, di mana mata minus sederhana adalah yang paling umum. Individu dengan mata minus sederhana memiliki mata yang terlalu panjang atau terlalu kuat. Mata minus kongenital berkembang pada bayi.

Individu dengan mata minus tinggi, lebih dari enam dioptri, dapat mengembangkan perubahan patologis di retina, yang disebut degeneratif mata minus. Mata minus nokturnal, tipe mata minus lain yang kadang-kadang disebut sebagai “rabun senja”, hanya penglihatan kabur dalam kegelapan.

Lalu, bagaimana cara mengenal gejala, ciri dan tanda jika seseorang menderita mata minus ?

Bagi Anda yang saat ini penasaran apakah Anda menderita mata minus ataukah tidak, beberapa point di bawah ini mungkin bisa menjelaskan apakah Anda memiliki mata minus ataukah tidak, diantaranya :

  • Ketegangan mata

Ketegangan mata terjadi ketika mata Anda lelah karena penggunaan yang intens, seperti mengendarai mobil untuk waktu yang lama, membaca, atau bekerja di depan komputer. Dalam beberapa kasus, tanda dan gejala ketegangan mata merupakan tanda kondisi mata yang mendasarinya yang memerlukan perawatan sepertihalnya gejala dari mata minus.

  • Mual setelah membaca

Ciri mata minus yang ke-2 ialah mual setelah membaca. Mual setelah membaca dapat terjadi jika Anda terlalu lama dan terlalu dekat membaca buku.

  • Penglihatan kabur ketika melihat objek yang jauh

Selanjutnya ialah point yang ke-3 yaitu penglihatan buram ketika melihat objek yang jauh. Point ini menjadi ciri, gejala atau tanda utama dari mata minus yang dapat Anda kenali. Penyebab utama penglihatan kabur adalah kesalahan bias – rabun dekat, rabun dekat dan astigmatisme – atau presbiopia. Namun penglihatan kabur juga bisa menjadi gejala dari masalah yang lebih serius, termasuk berpotensi terkena penyakit mata atau kelainan neurologis.

  • Sakit kepala yang disebabkan oleh kelelahan mata

Mata minus memang bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Karena fokus penglihatan yang berkurang, ini juga mempengaruhi kondisi syaraf yang bekerja. Pandangan mata yang memburam mengharuskan syaraf untuk bekerja lebih kuat dan akhirnya menjadi tegang sehingga menyebabkan kaku di daerah tengkuk dan kepala menjadi terasa pusing atau sakit.

  • Menyipitkan mata atau menutup sebagian kelopak mata ketika akan melihat dengan jelas

Menyipitkan mata adalah upaya membuat pupil lebih kecil. Menyipitkan mata menunjukkan seseorang memiliki kesalahan bias karena mata tidak bisa membelokkan cahaya dengan tepat sehingga pandangannya kabur, seperti rabun dekat atau rabun jauh,” kata Kenneth Chang, dokter mata di Massachusetts Eye and Ear Infirmary.

  • Kesulitan melihat saat mengemudi, terutama di kegelapan (dikenal sebagai miopia malam)

Salah satu penyebab penglihatan kabur adalah miopia malam. Ada peningkatan rabun jauh di malam hari karena fokus atau akomodasi yang berlebihan dalam kegelapan. Penglihatan kabur ketika mengemudi di malam hari menunjukkan bahwa Anda mungkin telah mengembangkan beberapa miopia atau mata minus (rabun jauh), suatu kondisi di mana lensa korektif atau lensa kontak diperlukan untuk melihat dengan jelas di kejauhan.

Selain gejala diatas, mata minus juga lebih sering dialami oleh seorang anak, dan di bawah ini beberapa gejala, ciri dan tanda dari penyakit mata minus yang dialami oleh anak-anak, diantaranya :

  • Menyipitkan mata secara terus menerus
  • Perlu duduk lebih dekat ke televisi, layar film atau di depan kelas
  • Tampaknya tidak sadar akan benda-benda yang jauh
  • Berkedip berlebihan
  • Lebih sering menggosokan mata

Dan itulah beberapa gejala, ciri dan tanda jika Anda menderita mata minus. Semoga bermanfaat, terimakasih 🙂

Catatan : Untuk mengetahui lebih pasti dari gejala mata minus, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter spesialis mata.

Sumber :

  • https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nearsightedness/symptoms-causes/syc-20375556
  • https://eyevit.co.id/artikel/56/Apa-Saja-Sih-Gejala-Mata-Minus–Berikut-5-Gejala-Pada-Penderita-Mata-Minus
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150109124237-255-23491/menguak-kebenaran-di-balik-mitos-mata-minus/

Posted by Obat Mata Minus Herbal Paling Ampuh

Mengenal Gejala, Ciri & Tanda Dari Penyakit Mata Minus Lebih Jauh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *