Manfaat Buah Blueberry Untuk Mata, Dari Minus, Katarak Hingga Glaukoma

Manfaat Buah Blueberry Untuk Mata, Dari Minus, Katarak Hingga Glaukoma

Manfaat Buah Blueberry Untuk Mata, Dari Minus, Katarak Hingga Glaukoma

Source image : https://www.hindustantimes.com/health-and-fitness/for-healthy-eyes-include-these-food-items-in-your-diet/

Saat ini buah blueberry telah banyak dikenal di masyarakat sebagai buah yang memiliki segudang khasiat baik untuk pengobatan berbagai jenis penyakit sepertihalnya dapat membantu menjaga kesehatan mata.

Bahkan, beberapa artikel menjelaskan lebih spesifik bahwa buah blueberry ini ternyata juga efektif untuk mengatasi mata minus, katarak hingga glaukoma.

Lalu, benarkah informasi tersebut ?

Untuk mengetahui bagaimana buah blueberry bermanfaat bagi kesehatan mata, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kandungan alami yang terdapat dalam buah blueberry ini. Laman beacheyecare.ca menyebutkan buah bueberry mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin yang sehat bagi mata.

Penelitian yang diterbitkan dalam Nutrisi & Metabolisme menemukan bahwa suplemen gizi yang mengandung meso-zeaxanthin, lutein dan zeaxanthin secara efektif meningkatkan kepadatan optik pigmen makula di mata mayoritas subyek manusia.

Tidak hanya itu, laman organicfacts.net juga mencatat bahwa blueberry mengandung nutrisi padat, rendah kalori, dan tinggi serat. Buah adalah sumber yang kaya vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, kalium, seng atau zinc, kolin, beta-karoten, tembaga dan mangan. Blueberry rendah karbohidrat dan natrium dan tinggi kadar air. Juga berlimpah antioksidan, terutama antosianin.

Anthocyanin pada buah blueberry telah terbukti membantu meningkatkan penglihatan pada malam hari dan penglihatan keseluruhan dengan melindungi mata dari kerusakan radikal bebas. Satu studi menemukan bahwa asupan anthocyanoside dari kismis hitam menghasilkan peningkatan penglihatan malam secara signifikan pada orang dewasa.

Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan regenerasi rhodopsin dan perlindungan terhadap peradangan setidaknya dua mekanisme dimana anthocyanin meningkatkan penglihatan dan melindungi mata.

Menurut National Eye Institute, “beta karoten memainkan peran penting dalam produksi vitamin A tubuh, yang membantu retina mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi sinyal listrik.”

“Beta karoten itu sendiri tidak ditemukan di mata, tetapi rekan-rekan karotenoidnya lutein & zeaxanthin ditemukan di mata. Di sana, mereka bertindak sebagai antioksidan alami yang membantu menyerap cahaya biru & ultraviolet, yang dapat merusak. ”

Vitamin K memiliki antioksidan yang dapat membantu kondisi mata yang berkaitan dengan usia. Folat adalah Vitamin B9. Beberapa vitamin B diperlukan untuk mengubah homocysteine ​​menjadi bahan kimia tidak beracun dalam tubuh. Folat adalah Vitamin B9. Beberapa vitamin B diperlukan untuk mengubah homocysteine ​​menjadi bahan kimia tidak beracun dalam tubuh.

Antioksidan ini termasuk Vitamin E telah terbukti meningkatkan penglihatan pada malam hari serta menjaga kesehatan mata secara umum. Selain itu lutein dan zeaxanthin dalam blueberry telah ditemukan untuk mengurangi peradangan pada mata serta penyakit penurun seperti retinopati diabetik.

Vitamin C dapat dengan mudah ditemukan dalam blueberry, hanya dalam satu cangkir blueberry ada 14 miligram vitamin C.

Vitamin C telah ditemukan untuk mengurangi tekanan intraokular mata, yang mengurangi kemungkinan mengembangkan penyebab kebutaan paling umum kedua yaitu Glaucoma.

Zinc adalah mineral penting lainnya yang ditemukan dalam blueberry yang membantu melindungi terhadap Degenerasi Makula Terkait Usia (AMD) serta rabun senja.

Blueberry juga merupakan sumber Vitamin A yang bagus. Vitamin A bermanfaat untuk melawan flammasi di mata, tetapi juga sangat membantu dalam perawatan Dry Eye atau sindrom mata kering.

Menurut para ilmuwan Amerika, Jepang dan Eropa, konsumsi produk blueberry secara teratur, dapat secara signifikan meningkatkan penglihatan dan menghilangkan kelelahan mata. Laporan klinis juga menunjukkan bahwa anthocyanin blueberry dapat mempromosikan sel retina dalam regenerasi rhodopsin, mencegah miopia atau mata minus dan meningkatkan penglihatan.

Vitamin E dalam blueberry dapat membantu menghentikan pembentukan katarak. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa asupan makanan yang lebih tinggi dari lutein dan zeaxanthin bersama dengan vitamin E secara signifikan menurunkan risiko katarak.

Itulah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah blueberry untuk membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan mata dari mulai mata minus, katarak, glaukoma, katarak hingga penyakit mata lainnya.

Sumber :

  • https://draxe.com/anthocyanin/
  • https://www.beacheyecare.ca/2017/04/20/are-blueberries-good-for-your-eyes/
  • http://www.prizemart.com/index.php/en/do_you_know/id/27/Why+blueberry+is+good+for+eyes?

Baca juga ya artikel lainnya :

5 Jenis Latihan Ini Efektif Untuk Mengurangi Mata Minus Anda

Cara Menyembuhkan Mata Minus Dengan Menggunakan Daun Sirih

Manfaat Beta Karoten, Dari Kesehatan Mata, Jantung Hingga Kanker

Posted by Obat mata minus herbal

Manfaat Buah Blueberry Untuk Mata, Dari Minus, Katarak Hingga Glaukoma

Please follow and like us:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.