Benarkah Vitamin A Bermanfaat Untuk Kesehatan Mata Anda ?

Benarkah Vitamin A Bermanfaat Untuk Kesehatan Mata Anda ?

Benarkah Vitamin A Bermanfaat Untuk Kesehatan Mata Anda ?

Walaupun sampai saat ini telah banyak yang mengetahui bahwa vitamin a memiliki manfaat baik untuk kesehatan mata, namun ternyata ada sebagian orang dan salah satunya mungkin Anda yang tidak mengetahui secara jelas bagaimana sebenarnya manfaat vitamin a untuk kesehatan mata.

Jika benar demikian, mari kita bahas secara lebih mengenai manfaat vitamin A untuk kesehatan mata Anda.

Apa itu vitamin A ?

Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak yang juga bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Ini memainkan peran penting dalam menjaga penglihatan mata, fungsi neurologis, kulit yang sehat dan banyak lagi. Seperti semua antioksidan, itu juga terlibat dalam mengurangi peradangan melalui pertempuran kerusakan radikal bebas.

Vitamin A ditemukan dalam dua bentuk utama : Vitamin A aktif (juga disebut retinol, yang menghasilkan retinyl ester) dan beta-karoten. Retinol berasal dari makanan yang berasal dari hewan dan merupakan jenis vitamin A “yang dibentuk sebelumnya” yang dapat digunakan langsung oleh tubuh.

Jenis lain, yang diperoleh dari buah-buahan dan sayuran berwarna, adalah dalam bentuk provitamin karotenoid. Beta-karoten dan jenis karotenoid lain yang ditemukan dalam produk-produk nabati harus diubah dulu menjadi retinol, bentuk aktif dari vitamin A, untuk digunakan oleh tubuh. Bentuk lain dari vitamin A adalah palmitat, yang biasanya datang dalam bentuk kapsul.

Selain itu, karotenoid tertentu (beta-karoten, alpha-karoten, dan beta-cryptoxanthin). Karotenoid lain, lycopene sendiri bukan prekursor vitamin A, tetapi merupakan prekursor beta-karoten.

Lalu, bagaimana vitamin a mempengaruhi kesehatan mata Anda ?

Asam retinoat tampaknya memainkan peran dalam penstrukturan area fovea mata. 2 Fovea adalah lekukan kecil di pusat macula yang bertanggung jawab untuk visi ketajaman tinggi. Kerucut fotoreseptor sangat terkonsentrasi di daerah itu.

Salah satu manfaat vitamin A yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk meningkatkan penglihatan dan menjaga kesehatan mata Anda. Ini karena ini adalah komponen penting dari molekul rhodopsin, yang diaktifkan ketika cahaya bersinar di retina, mengirim sinyal ke otak yang menghasilkan penglihatan. Beta-karoten berperan dalam mencegah degenerasi makula , salah satu penyebab utama kebutaan terkait usia.

Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Ophthalmology menemukan bahwa orang-orang berisiko tinggi untuk penyakit yang mengambil multivitamin harian yang termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin E, seng dan tembaga memiliki 25 persen penurunan risiko degenerasi makula canggih selama periode enam tahun.

Manfaat vitamin a untuk kesehatan mata lainnya juga dijelaskan oleh laman naturaleyecare.com, Vitamin A sangat penting untuk kesehatan penglihatan. Sebagai antioksidan kuat adalah salah satu kunci perlindungan terhadap kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh paparan cahaya biru, ungu dan ultra violet.

Para peneliti mencatat pada awal 1944, setelah meninjau data dari Nutrisi dan Studi Penyakit Mata, bahwa tingkat moderat Vitamin A dalam diet pasien terhubung ke risiko 40% lebih rendah dari katarak. Para peneliti menyesuaikan risiko untuk usia, jenis kelamin, merokok, dan alkohol serta menemukan bahwa bagi mereka yang perokok, risiko katarak berkurang hingga 50%.

The Nurses Health Study adalah studi hampir 20 tahun yang melacak kesehatan lebih dari 50.000 perawat wanita terdaftar bersama dengan diet dan tingkat nutrisi. Demikian pula, mereka menemukan risiko 39% lebih sedikit terkena katarak dengan konsumsi vitamin A yang lebih besar dalam makanan (tingkat 1/5 teratas dalam tingkat vitamin A yang dikonsumsi).

Konsumsi bayam paling terkait erat dengan risiko rendah. Selain itu, risiko katarak pada wanita yang mengonsumsi vitamin C diturunkan sebesar 45%. Para peneliti tidak mengevaluasi konsumsi multi-vitamin. 4 Suatu meta-analisis selanjutnya menemukan hubungan yang signifikan antara konsumsi vitamin A dan insiden katarak yang lebih rendah. 5

Baru-baru ini para peneliti melihat pola nutrisi sehubungan dengan katarak. Artinya, daripada melihat vitamin A (dan nutrisi lain) dalam isolasi, mereka melihat pada kelompok yang cukup. Dua kelompok yang menurunkan risiko katarak secara signifikan adalah kelompok antioksidan (karoten, vitamin A dan C) dan kelompok omega-3.

Itulah kebenaran manfaat vitamin A untuk kesehatan mata Anda. Semoga artikelnya bermanfaat, terimakasih 🙂

Sumber :

https://draxe.com/vitamin-a/

Baca juga artikel lainnya :

Ini Dia 8 Penyebab Mata Minus Yang Belum Anda Ketahui

Waspadai Bahaya Terapi Lilin Bagi Penderita Penyakit Mata Minus

Operasi Mata Minus | Riview Biaya, Proses & Kemungkinan Efek Samping

Posted by Obat mata minus herbal

Benarkah Vitamin A Bermanfaat Untuk Kesehatan Mata Anda ?

Please follow and like us:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.