7 Ciri-Ciri Dan Gejala Penderita Penyakit Mata Katarak

7 Ciri-Ciri Dan Gejala Penderita Penyakit Mata Katarak

7 Ciri-Ciri Dan Gejala Penderita Penyakit Mata Katarak

Tahukah Anda ? Penyakit mata katarak adalah salah satu penyakit mata yang saat ini menjadi penyebab kebutaan pertama ( 1 ) di dunia termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, sangat penting sekali Anda mengetahui lebih awal apa saja gejala, ciri dan tanda dari penderita penyakit mata katarak.

Namun sebelum membahas apa sajakah ciri dan gejala mata katarak tersebut, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui apa sebenarnya penyakit mata katarak. Lanjutkan membaca …

Katarak adalah penyakit mata yang ditandai oleh gejala utama yaitu adanya kekeruhan lensa di mata Anda, yang menyebabkan penglihatan kabur. Penglihatan yang kabur yang disebabkan oleh katarak tersebut dapat si penderitanya lebih sulit membaca dan mengendarai mobil (terutama di malam hari).

Penuaan adalah penyebab paling umum dari penyakit mata katarak. Hal ini disebabkan perubahan mata normal yang terjadi setelah sekitar usia 40 tahun.

Saat itulah protein normal di lensa mulai rusak. Inilah yang menyebabkan lensa menjadi keruh. Orang-orang yang berusia di atas 60 tahun biasanya mulai memiliki beberapa kekeruhan pada lensa mereka.

Sebagian besar katarak terkait usia berkembang secara bertahap. Katarak lainnya dapat berkembang lebih cepat, seperti pada orang yang lebih muda atau mereka yang mengidap diabetes.

Dan di bawah ini sejumlah gejala, ciri dan tanda dari penderita penyakit mata katarak yang dapat Anda kenali lebih jauh, diantaranya :

Penglihatan kabur atau buram

Penglihatan kabur atau buram adalah gejala utama penyakit mata katarak yang dapat Anda kenali. Walaupun penglihatan kabur atau buram ini dapat terjadi karena berbagai faktor lainnya, namun pada penyakit katarak, kondisi buramnya penglihatan juga dapat terjadi.

Penglihatan kabur atau buram juga termasuk ke dalam tanda katarak yang paling umumm biasanya dialami oleh penderitanya. Tidak seperti pada penyakit mata minus yang hanya mengalami keburaman ketika melihat objek jarak yang jauh.

Glare atau kepekaan terhadap cahaya

Selanjutnya ciri penderita penyakit mata katarak lainnya ialah glare atau kepekaan terhadap cahaya. Cahaya sangat penting untuk penglihatan. Ini memantulkan benda-benda dan memasuki mata Anda, yang memungkinkan Anda untuk melihat. Bagi seseorang yang memiliki penyakit mata katarak. Kondisi ini bisa sulit untuk melihat di bawah sinar matahari yang cerah.

Penglihatan ganda

Tidak hanya kepekaan terhadap cahaya, tanda penyakit mata katarak lainnya juga ialah penglihatan ganda. Penglihatan ganda adalah ketika seseorang melihat dua gambar dari suatu objek.

Penyakit mata katarak dapat menyebabkan penglihatan ganda. Ini karena kerutan lensa alami mata yang berada di belakang pupil dapat menyebabkan sinar cahaya menyebar ke arah yang berbeda, menciptakan banyak gambar yang dikenal sebagai penglihatan ganda.

Perubahan warna

Gejala penderita penyakit mata katarak selanjutnya ialah mengalami perubahan warna. Katarak juga mempengaruhi penglihatan warna. Beberapa warna mungkin tampak pudar.

Kesulitan mengemudi di malam hari

Karena katarak menyulitkan untuk menyeimbangkan kontras antara kegelapan dan cahaya terang dari lalu lintas yang mendekat, sebagian besar orang yang terkena dampak akan mengalami kesulitan mengemudi di malam hari. Jika lampu depan yang menyilaukan dan lampu jalan bercahaya memberi Anda sakit kepala.

Seringnya mengganti kacamata baru

Seseorang yang memiliki penyakit mata katarak lainnya ialah seringnya melakukan pergantian kacamata baru. Orang-orang dengan katarak perlu sering mengganti kacamata mereka atau lensa kontak karena penglihatan mereka memburuk dari waktu ke waktu.

Penglihatan berkabut dan berawan

Tanda dan ciri penyakit mata katarak selanjutnya ialah penglihatan berkabut dan berawan. Ketika seseorang mengalami penyakit mata katarak, maka untuk mengetahuinya dapat Anda ketahui dengan mudah. Jika seseorang mengalami penglihatan mata yang berkabut atau berawan, maka besar kemungkinan orang tersebut memiliki penyakit mata katarak.

Dan itulah 7 ciri dan gejala penyakit mata katarak yang dapat Anda ketahui dari mulai sekarang untuk membantu mencegah berbagai dampak efek samping lebih awal penyakit mata katarak.

Ingat ! Untuk memastikan kembali apa saja gejala, ciri dan tanda dari penyakit mata katarak lainnya, kami sarakan diperiksakan ke dokter.

Sumber :

  • https://www.onhealth.com/content/1/cataracts_vision_surgery
  • https://www.rd.com/health/conditions/7-silent-signs-that-you-have-eye-cataracts/

Baca juga artikel lainnya :

Cara menyembuhkan mata berlemak

Gejala dan ciri penyakit mata silinder

Posted by Obat mata minus herbal

7 Ciri-Ciri Dan Gejala Penderita Penyakit Mata Katarak

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.