6 Gejala, Ciri & Tanda Penyakit Mata Silinder Yang Wajib Anda Ketahui

6 Gejala, Ciri & Tanda Penyakit Mata Silinder Yang Wajib Anda Ketahui


Pernahkah sebelumnya Anda berpikir bahwa penyakit mata silinder selain tentunya menyebabkan terganggunya penglihatan, juga dapat menyebabkan amblyopia. Apa itu ?

Amblyopia umumnya dikenal sebagai mata malas adalah penurunan penglihatan di salah satu mata yang disebabkan oleh perkembangan visual yang abnormal selama masa kanak-kanak (misalnya strabismus, katarak kongenital, dll).

Diperkirakan bahwa tiga persen anak di bawah usia enam tahun memiliki beberapa bentuk ambliopia. Jika tidak diobati, otak anak Anda akan belajar mengabaikan gambar yang berasal dari mata yang bisa membahayakan penglihatannya secara permanen.

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai gejala, ciri dan tanda penyakit mata silinder, mari kita cari tahu apa sebenarnya penyakit mata silinder ?

Dikutip dari beberapa sumber

Penyakit mata silinder adalah tipe umum dari kesalahan refraktif. Ini adalah kondisi di mana mata tidak memfokuskan cahaya secara merata ke retina, jaringan peka cahaya di bagian belakang mata.

Ketika mata Anda melengkung secara tidak merata, ia memiliki masalah memfokuskan cahaya dan secara tidak langsung membuat penglihatan menjadi kabur. Secara sederhana, bola mata Anda seharusnya berbentuk seperti bola bisbol, tetapi pada mata silinder ini menyebabkannya lebih seperti bola. Lihat pada gambar.

Biasanya, kornea dan lensa halus dan melengkung ke segala arah, membantu memfokuskan sinar cahaya secara tajam ke retina di bagian belakang mata Anda.

Namun, jika kornea atau lensa Anda tidak mulus dan melengkung secara merata, sinar cahaya tidak dibiaskan dengan benar. Mata silinder dianggap sebagai kesalahan refraksi karena mempengaruhi cara mata Anda membiaskan, atau membelokkan, cahaya.

Lalu, bagaimana cara mengetahui bahwa seseorang mengalami atau memiliki penyakit mata silinder ? Di bawah ini 6 gejala mata silinder wajib Anda ketahui, diantaranya :

1.Penglihatan kabur. Tidak seperti pada penderita mata minus yang ditandai dengan gejala penglihatan buram ketika melihat jarak jauh, penyakit mata silinder ini dapat mempengaruhi penglihatan atau secara tidak langsung dapat membuat penglihatan menjadi kabur pada jarak dekat ataupun jarak yang jauh.

2.Sakit kepala. Ciri dan gejala mata silinder selanjutnya yang dapat Anda kenali ialah sakit kepala. Sakit kepala ? Jika Anda sering merasakan sakit kepala dan penglihatan sering kabur, Anda patut mewaspadai bahwa Anda mengalami penyakit mata silinder.

3.Mata lelah atau mata tegang. Ciri mata silinder yang sering dialami oleh sejumlah penderita selanjutnya ialah mata lelah atau mata tegang.

Mata tegang adalah kondisi mata yang bermanifestasi melalui gejala nonspesifik seperti kelelahan, nyeri di atau di sekitar mata, penglihatan kabur, sakit kepala dan penglihatan ganda sesekali.

Ketika berkonsentrasi pada tugas yang secara visual intens, seperti terus berfokus pada buku atau monitor komputer, otot sili mengencang. Ini bisa menyebabkan mata menjadi jengkel dan tidak nyaman.

4.Menyipitkan mata. Tanda mata silinder lainnya ialah seringnya seseorang menyipitkan mata ketika melihat sesuatu. Apabila anak Anda sering terlihat menyipitkan mata untuk melihat atau menatap sesuatu, ada kemungkinan bahwa anak Anda mengalami penyakit mata silinder.

5.Iritasi mata. Ciri dan gejala mata silinder yang dapat Anda ketahui selanjutnya ialah adanya iritas mata. Selain dapat terjadi karena adanya gangguan virus atau bakteri. Iritasi mata juga dapat dapat menandakan bahwa Anda atau seseorang dapat mengalami penyakit mata silinder.

6.Kesulitan melihat pada malam hari atau dalam gelap. Dan gejala atau ciri penyakit mata silinder yang terakhir ialah kesulitan melihat pada malam hari atau dalam gelap.

Selain itu, mata silinder juga dapat menyebabkan penglihatan kabur ketika Anda mencoba untuk fokus pada objek pada jarak jauh, seperti rambu-rambu jalan.

Kondisi mata ini juga dapat memengaruhi visi Anda untuk kegiatan yang dekat, seperti membaca atau menjahit. Jika dibiarkan tidak terkoreksi, astigmatisme dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, penglihatan menyipit dan kabur.

Itulah 6 gejala, ciri dan tanda dari penyakit mata silinder yang penting sekali Anda ketahui. Namun, harap diingat, kami sarankan untuk diperiksakan ke dokter untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa saja gejala pasti dari penyakit mata silinder.

Sumber :

  • https://www.fusioneyecare.com/eyecyclopedia/astigmatism/
  • https://articles.mercola.com/astigmatism/symptoms.aspx
  • http://www.bausch.com/your-eye-concerns/vision-correction/astigmatism
  • https://www.arthritis-health.com/treatment/alternative-treatments/how-glucosamine-and-chondroitin-help-osteoarthritis

Artikel lainnya :

Ini Dia Perbedaan Antara Mata Minus Dan Mata Silinder

Posted by Obat mata minus herbal paling ampuh

6 Gejala, Ciri & Tanda Penyakit Mata Silinder Yang Wajib Anda Ketahui

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.